Beranda Seputar Banten 5 Daerah Terkaya di Banten, Ada Penghasil Ikan Terbanyak

5 Daerah Terkaya di Banten, Ada Penghasil Ikan Terbanyak

5 Daerah Terkaya di Banten, Ada Penghasil Ikan Terbanyak
Foto: Istimewa

5 Daerah Terkaya di Banten, Ada Penghasil Ikan Terbanyak

BANTEN – Daerah terkaya di Banten menarik diulas. Ini merupakan salah satu provinsi pemekaran dari Provinsi Jawa Barat sejak tanggal 4 Oktober 2000.

Dengan luas wilayah 9.662,92 km2, Banten terhitung kecil sebagai sebuah provinsi dibandingkan dengan provinsi lain di Indonesia. Karakteristik wilayah Banten yang strategis terletak di pintu masuk Jawa dari arah Sumatera dan dekat dengan ibukota merupakan faktor yang mendukung perkembangan pengelolaan SDA.

Hal ini terkait dengan distribusi hasil SDA yang bisa lebih cepat. Dengan demikian, Sumber Daya Alam  tersedia wajib dijaga keberadaan dan kelestariannya selain untuk dioptimalkan pemanfaatanya. Hal ini membuat beberapa daerah di Banten menjadi kaya.

Berikut daerah terkaya di Banten dirangkum dari berbagai sumber:

Cilegon

Cilegon salah satu daerah terkaya. Hal ini terlihat dari pendapatan perkapitanya mencapai Rp250,33 juta.

Tangerang

Tangerang juga masukn dalam wilayah Banten terkaya. Sebab, memiliki pendapatan perkapitanya Rp78,63 juta.

Kota Tangerang Selatan

Masuk dalam wilayah Banten dengan pendapatan mencapai Rp64,34 juta. Hal ini membuatnya masuk sebagai wilayah terkaya.

Serang

Serang memiliki pendapatan hingga Rp47,33 juta. Selain itu serang dikenal memiliki banyak pabrik dalam memproduksi barang.

Pandeglang

Kabupaten Pandeglang menjadi daerah Sentra Kelautan Perikanan Terpadu (SKPT) Karena daerah ini memiliki kekayaan alam laut yang melimpah. Wilayah ini memiliki pendapatan perkapita mencapai Rp23,13 juta.

Diketahui, PDRB atau Produk Domestik Regional Bruto merupakan jumlah nilai tambah bruto dari sektor perekonomian dalam suatu daerah.

PDRB suatu daerah menjadi penting sebab merupakan salah satu indikator untuk mengetahui kondisi ekonomi suatu kabupaten atau kota masih aman atau justru butuh pertolongan.

Sebagai informasi, di Banten juga ada perkebunan karet, kelapa, cengkeh, lada, panilli, melinjo (Banten daerah penghasil emping yang penting), dan buah-buahan. Perikanan laut juga sangat signifikan karena 75% daerah Banten dikelilingi laut.

SDA yang juga menjanjikan ialah pertambangan, berupa tambang emas di Cikotok, bijih besi di Cikurut, bahan semen di Anyer, belerang di Walantaka dan Padarincang, bahan Mika di Bojong, intan di Cibaliung, batubara di Gunung Kencana, Gunung Madur dan lain-lain. Selain itu, Banten juga memiliki aset pariwisata, pantai Anyer dan Carita yang indah, cagar alam Ujung Kulon dan peninggalan sejarah dan kebudayaan yang pernah mengalami kejayaan pada masa lalu.

Sumber: okezone

SebelumnyaTegas! MUI Bogor Gelar Ijtima Ulama Tolak LGBT
BerikutnyaDPC Partai Demokrat Kabupaten Tangerang Gelar Pelantikan dan Pelatihan Pengurus Ranting se-Kecamatan Jambe