HeadlineNasionalPendidikan

Alhamdulilah, Indonesia Kuasai Universitas Islam Terbaik Dunia

Indonesia didaulat telah memiliki universitas Islam terbaik di dunia. Dari peringkat sepuluh besar, lima di antaranya diambil alih oleh universitas di Indonesia.

Jakarta – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berada diperingkat pertama sebagai perguruan tinggi Islam terbaik di dunia. Hal itu diketahui Berdasarkan “Top Islamic Universities in the World 2021” yang dirilis uniRank.

Posisi ke-2 dan ke-3 ditempati oleh Iran University of Science and Technologu dan Cairo University, dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berada di posisi ke-4. Disusul oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) di posisi ke-8, Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang di posisi ke-9, Universitas Islam Indonesia (UII) di posisi ke-10.

Totalnya, dari 408 universitas yang dievaluasi, 116 di antaranya berada di Indonesia.

Indonesia pun didaulat telah memiliki universitas Islam terbaik di dunia. Dari peringkat sepuluh besar, lima di antaranya diambil alih oleh universitas di Indonesia.

Baca juga: UN di Kota Serang Bakal Gunakan Metode Penilaian Ujian Sekolah Tentukan Kelulusan

Penilaian yang dilakukan oleh uniRank sendiri meliputi tiga kriteria, yaitu akreditasi, gelar sarjana dan pascasarjana, dan format pendidikan.

“Tujuan kami adalah untuk menyediakan League Table non-akademik dari Universitas Islam top di dunia berdasarkan metrik web yang valid, tidak bias, dan tidak dapat dipengaruhi,” tulis uniRank.

Menanggapi data tersebut, Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir menyampaikan apresiasinya.

“Alhamdulillah sungguh menggembirakan menerima pengumuman “The 2021 uniRank: University Ranking of the Top Islamic Universities in the World”,” cuit Haedar di akun media sosialnya pada Kamis (18/2).

Haedar mengatakan, PP Muhammadiyah menyampaikan apresiasi kepada PTM, Majelis Diktilitbang, dan PWM, serta semua komponen yang telah berkomitmen, bersungguh-sungguh, dan bekerja untuk kemajuan persyarikatan, umat, bangsa, dan kemanusiaan global.

“Apa yang dilakukan Perguruan Tinggi dan Amal Usaha Muhammadiyah yang diakui secara nasional dan internasional yang membanggakan itu membuktikan bahwa Muhammadiyah memberi energi positif yang unggul menebar kebaikan bagi umat, bangsa, dan dunia,” tuturnya. []

Sumber: RMOL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Klik izinkan notifikasi untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Abaikan
Izinkan Notifikasi