Connect with us

Rubrik Ragam

Aslam dan Alfan, Pelopor Pergerakan Pemuda Tangerang Raya Melalui Jalur Konsultasi Akademik Mahasiswa

Published

on

Aslam dan Alfan, Pelopor Pergerakan Pemuda Tangerang Raya Melalui Jalur Konsultasi Akademik Mahasiswa

BANTEN24, TANGERANG – Mahasiswa memiliki berbagai macam kerumitan dalam menyelesaikan berbagai tugas kuliahnya. Ditambah berbagai amanah yang diemban jika menjadi aktivis kampus, ataupun jika sembari bekerja (part-time bahkan ada juga yang full time). Terutama bagi mahasiswa tingkat akhir, banyak sekali kendala dalam menyelesaikan tugas akhir (skripsi dan sejenisnya).

Beberapa faktor penyebab kendala tersebut diantaranya: kebingungan memilih tema penelitian, kesulitan dalam pencarian sumber/ data, parafrase yang benar sesuai akademis, hingga hubungan atau komunikasi yang kurang baik dengan Dosen Pembimbing Akademik. Tak ayal, banyak mahasiswa yang akhirnya mencari jasa “cepat” menyelesaikannya: Joki Skripsi. Hal ini tentu secara etika akademik kurang dapat dibenarkan.

Aslama Nanda Rizal, pegiat pendidikan Kota Tangerang alumnus UGM dan kini S2 di UI, mencoba bergerak menjawab tantangan tersebut. Aslam, mendirikan Lembaga Konsultan Pendidikan: PT. Idea Publika Group, dan salah satu anak usahanya adalah Genius ID, platform E-Learning & E-Consulting. Melalui Genius ID, Aslam membangun Konsultan Akademik yang tidak terjerumus pada “Joki Skripsi” ataupun “Ghost Writing”.

Beberapa keunggulan Konsultasi Akademik di Genius ID menurut Aslam ialah:

  • Bukan Joki, karena tidak asal terima beres
  • Fokus pada pendampingan / konsultasi akademik, klien / mahasiswa akan merasa memiliki Dosen Pembimbing Akademik tambahan dan pribadi (private)
  • Tidak membenarkan terima jadi/beres, klien harus terlibat dalam penulisan dan pengarahan isi / konten tugas akhirnya
  • Memiliki tim Konsultan & Editor berkualitas (lulusan PTN & PTS ternama) yang bertugas mendampingi tugas klien secara maksimal
  • Dibuatkan Grup WA Privat berisi maksimal 3-4 orang (Klien, Konsultan, Editor dan Supervisor), sehingga proses belajar-mengajar dan bimbingan terpantau dengan baik
  • Identitas lembaga dan tim jelas, bukan “Ghostwriter” tanpa identitas
  • Pembayaran bisa dilakukan 3x (Awal/ DP, pertengahan, dan pelunasan di akhir) demi memudahkan dan meringankan beban klien

Genius ID bisa ditemui melalui laman Instagram @geniusid_media. Melalui Genius ID, Aslam berharap ikut membantu mencerdaskan kehidupan bangsa dan menyehatkan dunia akademik. khususnya bagi kalangan mahasiswa dan berusaha memutus mata rantai Joki Skripsi “Antah Berantah (Ghostwriting)”.

Hal tersebut didukung penuh oleh Faisal Alfansury, Pengusaha dan Tokoh Politik Nasional asal Tangerang Selatan. Alfan, sapaannya, mengaku, pentingnya Jasa Konsultasi Akademik bukan “Joki” tersebut seperti yang didirikan Aslam.

“Genius ID dan Idea Publika Group milik Aslam ini menjadi solusi cerdas di era serba virtual seperti saat ini. Apalagi jika di kampus, dosen sangat sulit dihubungi atau banyak keterbatasan dan kesulitan lainnya,” ujar Alfan, Selasa (9/11/2021).

“Bahkan saya sendiri saja baru selesai menamatkan S2 saya dan sangat lama sekali (5 tahun), karena berbagai kesibukan usaha saya dan agenda-agenda politik. Di Genius ID, ternyata ada juga konsultasi tesis. Andai dulu saya sudah tau Genius ID, pasti tesis saya tidak akan terbengkalai, karena dibimbing Aslam dan tim yang sangat profesional dan kekeluargaan,” tambahnya.

Menurut Alfan, Aslam layak diapresiasi karena menerapkan sociopreneur, tidak hanya entrepreneur semata. Alfan pun siap untuk melebarkan sayap Genius ID dan Idea Publika Group ke Tangerang Selatan dan daerah lainnya.

“Sebagai seorang pebisnis, saya apresiasi Aslam karena lembaga dan usaha yang ia dirikan dan jalankan ini tidak egosentris yang memikirkan keuntungan pribadi. Tapi juga membuka lapangan kerja bagi para teman-teman pelajar dan mahasiswa yang baru lulus, untuk bergabung di timnya, juga bagi para klien dengan memberikan harga terjangkau dengan kualitas tinggi. Aslam, tokoh muda pendidikan Kota Tangerang yang siap memajukan Kota Tangerang melalui lembaga dan usaha ini,” pungkas Alfan.

Senada dengan Alfan, Aslam menyampaikan terima kasih dan apresiasinya juga kepada Alfan. “Sebagai pengusaha muda, Alfan memiliki attitude dan etika yang sangat baik. Di Tangsel sendiri, Alfan sudah menjadi tokoh muda khususnya mahasiswa yang disegani karena aktivitasnya membuka banyak lapangan kerja anak muda Tangerang Selatan, semoga hal ini menular pada kita semua di Kota Tangerang,” pungkas Aslam. (rls/rf)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *