Cegah Banjir, Warga Mekarsari Sambut Baik Kegiatan Peningkatan Kawasan Pemukiman

Cegah Banjir, Warga Mekarsari Sambut Baik Kegiatan Peningkatan Kawasan Pemukiman

PANDEGLANG – Warga Desa Mekarsari, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang menyambut baik dengan adanya kegiatan peningkatan kawasan permukiman, dengan jenis pekerjaan pemasangan u-ditch, paping block dan perkerasan jalan yang sedang dikerjakan PT. Syarif Spesialis Karya.

Seperti yang dikatakan Rudi, Ketua RW 12 dirinya merasa bersyukur dengan adanya kegiatan diwilayahnya. Dikarenakan dengan adanya kegiatan ini bisa memberikan dampak yang positif bagi masyarakat disekitarnya, baik dari segi infrastruktur dan juga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Tentu saja banyak manfaatnya bagi kami semua. Pastinya kondisi jalan lingkungan menjadi bagus serta aliran air disaat musim penghujan bisa mengalir dan tidak tergenang disatu tempat yang bisa mengakibatkan banjir,” kata Rudi ketika dikonfirmasi via telpon selluler, Jum’at sore (24/06/2022).

Diterangkan Rudi, sebelum ada kegiatan, kondisi jalan disini sering tergenang air atau banjir dengan ketinggian setinggi paha orang dewasa apabila air pasang dari laut sedang tinggi. Maka dari itu, dirinya sangat senang dan gembira dengan adanya pekerjaan yang diberikan oleh Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Banten.

“Saya mewakili warga disekitar lokasi mengucapkan terima kasih kepada dinas terkait dan juga pelaksana kegiatan yang sudah membangun tempat kami menjadi lebih baik dari sebelumnya,” terangnya.

Senada diungkapkan Nono, tokoh masyarakat setempat, mengucapkan rasa terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Banten yang sedang berupaya untuk membangun dan mensejahterakan bagi warganya yang masih belum bisa mendapatkan fasilitas ataupun insfrastruktur yang memadai.

Selain ucapan terima kasih saya kepada Pemerintah Provinsi Banten, saya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada PT. Syarif Spesialis Karya yang sudah melibatkan warga kami disini untuk terlibat langsung dalam kegiatan yang sedang dikerjakan.

“Sehingga dengan adanya keterlibatan langsung masyarakat sekitar yang ikut bekerja, bisa menciptakan lapangan kerja serta menjadi kebanggaan tersendiri karena masyarakatnya ikut berperan dalam melaksanakan pembangunan diwilayahnya sendiri,” ungkapnya.

  1. IMG 20220625 WA0025

Sementara itu, pelaksana lapangan dari PT. Syarif Spesialis Karya, Supardiono mengatakan bahwa sebelum melaksanakan kegiatan pihaknya terlebih dahulu melakukan sosialisasi dan berkoordinasi dengan warga sekitar dan memperdayakan warganya agar terlibat dalam kegiatan tersebut.

“Tentu saja warga sekitar kami rangkul dan dikerjakan pada kegiatan ini. Hal itu kami lakukan agar masyarakat disini bisa merasa memiliki dan bersama-sama membangun wilayahnya menjadi lebih baik lagi,” terangnya.

Dijelaskan Supardiono, PT. Syarif Spesialis Karya dalam tahapan pelaksanaan kegiatan selalu mengedepankan Standar Operasional Pekerjaan (SOP), kualitas serta mutu dan mengutamakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) agar hasil kerjaan yang dilakukan bisa diterima dengan baik oleh masyarakat.

“Itu kami lakukan untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan jasmani dan rohani tenaga kerja khususnya, dan manusia pada umumnya serta hasil karya dan budaya menuju masyarakat adil dan makmur,” jelasnya.

Ditambahkan Supardiono, sebelum kegiatan pemasangan paping block dilakukan, pihaknya melakukan pemadatan jalan menggunakan alat berat serta untuk lapisan bawahmenggunakan material agregat A dan B agar hasil pekerjaan yang dihasilkan bisa bermanfaat dan diterima oleh penerima manfaat.

“Ruas jalan paping block yang dibangun 6 ruas, dengan masing-masing panjang 250 meter dan lebar 5 meter. Untuk speck papingnya sendiri yakni Heavy duty K-300 dengan ketebalan 8 cm,” tambahnya.

Masih kata pelaksana PT. Syarif Spesialis Karya, jenis pekerjaan yang dikerjakan selain pemasangan paping block, ada jenis pekerjaan pasangan U-ditch dan perkerasan jalan dengan jenis betonisasi.

“Untuk U-ditchnya sendiri kita pesan dari Duracon dengan mutu diatas rata-rata yang dibuktikan dengan hasil uji tekanan menggunakan alat Hammer Test,” imbuhnya.

“Tentu saja harapan saya dengan adanya kegiatan yang sedang kami kerjakan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan bisa memberikan dampak yang positif, sehingga aktifitas masyarakat disini bisa lebih lancar lagi,” tutupnya.

Untuk diketahui, pekerjaan peningkatan kualitas kawasan permukiman kumuh yang berlokasi di Desa Mekarsari, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang nomor kontrak 600/SPK.15.2/BIDKAW/DPERKIM/2022 dengan nilai Rp 16.203.330.000 bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Banten tahun 2022 pelaksana PT. Syarif Spesialis Karya dan konsultan Fajar Konsultan. (Red)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -
- Advertisment -

BERITA TERBARU