Cegah Stunting Lebih Dini, Pemkab Tangerang Luncurkan Catin Kasep

Pemkab Tangerang Luncurkan Catin Kasep

TANGERANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid membuka Seminar Kesehatan, sekaligus melucurkan Program Kelas Calon Pengantin Kondisi Sehat Prima (Catin Kasep). Acara tersebut digelar di Gedung Serba Guna Tigaraksa, Selasa (5/7/2022).

Sekda Maesyal Rayid mengatakan, program Catin Kasep itu digagas Pemkab Tangerang dalam rangka pencegahan stunting lebih dini, di masa usia subur menjelang pernikahan. Lanjut dia, nantinya para calon pengantin wajib memeriksakan kesehatannya di puskesmas terdekat sebelum melakukan pernikahan.

“Program ini mencegah di hulu akan terjadinya stunting. Sebab di usia pasangan subur, mereka akan diperiksa kesehatannya dan mendapatkan edukasi tentang pemahaman gizi kepada calon pengantin,” ungkap Sekda di depan peserta seminar.

Pemkab Tangerang bekerjasama dengan Kementerian Agama melalui Kantor Urusan Agama (KUA) di setiap kecamatan bisa memberikan edukasi dan bimbingan serta mendorong para Calon Pengantin (Catin) memiliki sertifikat kesehatan sebelum mereka melangsungkan pernikahan.

“Stunting ini menjadi tanggung jawab kita bersama. Upaya ini semua kita lakukan supaya mereka bisa melahirkan generasi sehat bebas dari stunting menuju Tangerang Gemilang,” tutur Sekda.

Baca juga: Serahkan 3.441 Petikan SK PPPK, Bupati Zaki Minta P3K Tunjukan Pelayanan Terbaik dan Bijak Menggunakan Medsos

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Desiriana Dinardianti menambahkan, pemeriksaan kesehatan kepada Catin perlu dilakukan dalam rangka untuk mendeteksi kesehatan pasangan pengantin, mulai memeriksa anemia, pengecekan penyakit menular, pemahaman gizi, hingga edukasi reproduksi pasangan.

“Selain melakukan pelayanan kesehatan, Catin juga diharapkan akan lebih mengenal kesehatan pasangannya, mendapatkan edukasi gizi dan reproduksi hingga tahu kebersihan sanitasi lingkungan,” jelas Desi.

Sementara itu, pasangan calon pengantin M. Hildam dan Nindya Viona asal Kecamatan Cisoka yang sudah menerima sertifikat Catin dari Puskemas Cisoka sangat mendukung program Catin Kasep karena mereka menjadi lebih paham tentang kesehatan, khususnya kesehatan reproduksi dan gizi.

“Terima kasih kepada Pemkab Tangerang berkat program Catin Kasep kami jadi tau pasangan kami sehat atau tidak, terlebih kita tau kesehatan sendiri,” kata Hildam.

Menurutnya, prosesnya tidaklah sulit dan banyak manfaat yang dapat kita raih apabila kita mendapatkan setifikat kesehatan untuk calon pengantin di puskesmas.

“Mengurusnya mudah dan gratis juga. Demi kesehatan bersama dan generasi penerus kita semua,” ujar Hildam.

Alur Program Catin Kasep ini diawali dengan calon pengantin datang ke kantor desa/kelurahan meminta surat pengantar, setelah itu ke puskesmas terdekat untuk registrasi dan dilakukan pemeriksaan kesehatan mulai imunisasi tetanus dan penanganan gizi melalui pemberian tablet penambah darah kepada pasangan pengantin.

Selain itu juga akan diberikan konseling kesehatan, baik kesehatan diri maupun kesehatan lingkungan. Setelah semua proses dilalui, Catin akan diberikan sertifikat kesehatan sebagai salah satu bukti persyaratan untuk mengurus administrasi pernikahan di KUA. (heri)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -
- Advertisment -

BERITA TERBARU