Beranda Headline Cuaca di Banten Panas Terik Beberapa Hari Ini, BMKG Ungkap Penyebabnya

Cuaca di Banten Panas Terik Beberapa Hari Ini, BMKG Ungkap Penyebabnya

Cuaca di Banten Panas

Cuaca di Banten Panas Terik Beberapa Hari Ini, BMKG Ungkap Penyebabnya

BANTEN – Cuaca di Banten dalam sepekan ini terasa sangat panas terik, suhu udara dalam beberapa hari ini dilaporkan antara 33-34,4 derajat celcius terjadi di Kota Tangerang selatan, Kota Tangerang dan Kota Serang.

Sebelumnya, cuaca ekstrem berupa hujan lebat hampir setiap hari terjadi di antara pergantian tahun 2022 ke 2023 beberapa waktu lalu.

Dikutip dari akun Instagram @bmkgwilayah2, disebutkan bahwa pada Rabu 9 Januari 2023 lalu, pengamatan suhu udara di BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan mencatatkan suhu udara maksimum tertinggi di Indonesia.

Disebutkan, dalam beberapa hari terakhir suhu udara maksimum 33,0 – 34,4 ° C tercatat di Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang, dan Serang .

Suhu udara yang terik di wilayah Banten dalam beberapa hari itu disebabkan oleh sedikitnya 2 faktor berikut:

1. Perubahan Pola Angin

Adanya aktivitas pusat tekanan rendah di belahan bumi utara yaitu sekitar Laut Cina Selatan dan perairan sebelah timur Filipina yang menghambat aliran massa udara dingin dari Asia menuju Indonesia.

Kondisi ini mengakibatkan perubahan pola arus angin baratan menjadi Tenggara Barat Daya di wilayah Sumatera bagian Selatan, Jawa, dan Nusa Tenggara. Sehingga mengakibatkan kondisi dinamika atmosfer yang cenderung stabil dan kering.

Kondisi dinamika atmosfer yang cenderung stabil dan kering mendukung terjadinya cuaca yang cerah.

2. Gerak Semu Matahari

Pada bulan Januari, gerak semu matahari bergerak dari kulminasi selatan menuju equator, sehingga berdampak pada penyinaran matahari wilayah selatan Indonesia khusunya Jawa dan Nusa Tenggara.

Kondisi tersebut yang sedikit banyak mempengaruhi cuaca yang terasa panas di wilayah Banten karena penyinaran matahari yang diterima lebih banyak dibandingkan dengan bulan lainnya.

Kedua kondisi yang telah dijelaskan di atas, menurut BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan merupakan faktor pemicu berkurangnya potensi hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Indonesia bagian selatan equator.

Berdasarkan parameter-parameter indeks dari pemodelan cuaca yang digunakan BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan, masih perlu diwaspadai akan adanya potensi cuaca panas di wilayah Banten dalam beberapa hari ke depan.

Sumber: Kabar Banten

Baca juga: Komunitas Peduli Sampah Desa Belimbing Gotong Royong Bersihkan Tumpukan Sampah Sumbat Aliran Air

SebelumnyaKomunitas Peduli Sampah Desa Belimbing Gotong Royong Bersihkan Tumpukan Sampah Sumbat Aliran Air
BerikutnyaPT Nikomas Gemilang dan PWI Buka Pengunduran Diri Sukarela untuk Karyawan, Ini Penjelasan Disnakertrans Kabupaten Serang