Connect with us

Seputar Banten

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Bersama ACT Launching Tanam Perdana Budidaya Tanaman Porang

Published

on

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Bersama ACT Launching Tanam Perdana Budidaya Tanaman Porang

BANTEN24, TANGERANG – Dalam Rangka Membangun entrepreneur ship dan peningkatan taraf ekonomi petani kabupaten Tangerang, Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang menggelar Launching Tanam Perdana Budidaya Tanaman Porang, bertempat di Graha Pembibitan Porang Kampung Margasari, Desa Kedung Dalam, Minggu (21/11/2021).

“Hari ini dinas pertanian mendapat kesempatan dan launching taman perdana budidaya tanaman porang dari mitra kami yaitu ACT dalam rangka enterpreneurship untuk para petani di kabupaten Tangerang,” ujar Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan, Azis Gunawan.

Masih menurut azis, Tanaman Porang adalah jenis tanaman familia umbian yang memiliki harga ekonomi yang sangat tinggi dipasaran karena tumbuhan ini yang mungkin masih langka di Indonesia, baru ada di daerah Madiun, dan Surabaya.

“Untuk itu kami akan mencoba tanam di Banten khususnya di daerah kabupaten Tangerang budidaya tanaman porang,” ujarnya.

Azis pun menambahkan, ACT hadir untuk memberikan pelatihan dan pemahaman apa itu porang, bagaimana cara dari pembibitan, penanaman sampai dengan perlakuan khusus terhadap tanaman tersebut kepada para petani Poktan yang ada di Kabupaten Tangerang.

Ditempat yang sama, Komandan Rescue Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kusmayadi mengatakan, Salah satu program enterpreneurship dari relawan rescue adalah program budidaya tanaman porang.

“Kami dalam hal ini dari tim ACT bekerjasama dengan dinas pertanian dan ketahanan pangan Kabupaten Tangerang untuk pengembangan budidaya tanaman porang, yang mana targetnya adalah dengan budidaya tanaman ini bisa meningkatkan taraf hidup para petani yang ada di kabupaten Tangerang,” ungkap ketua Tim Rescue. (heri)