Beranda Headline Dulu Apdesi Gaungkan Jokowi 3 Periode, Sekarang IKN Harga Mati!

Dulu Apdesi Gaungkan Jokowi 3 Periode, Sekarang IKN Harga Mati!

Dulu Apdesi Gaungkan Jokowi 3 Periode, Sekarang IKN Harga Mati!

KALTIM – Ribuan kepala desa yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) menyatakan dukungan kepada pemerintah untuk melaksanakan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Mereka bahkan meneriakkan bahwa kelanjutan IKN harga mati siapapun presidennya.

Ketua DPP Apdesi Surta Wijaya menegaskan kepala desa se-Indonesia telah sepakat untuk mengawal proses pembangunan IKN secara berkelanjutan. Menurutnya, pemindahan IKN di Kaltim demi pemerataan pembangunan, sehingga ke depan pembangunan Indonesia tidak terfokus pada satu kawasan saja.

“Kaltim merupakan kawasan tengah Indonesia, sehingga jangkauan dari tengah bisa lebih mudah ke arah barat maupun timur, berbeda dengan saat ibu kota Indonesia yang berada di kawasan barat negara. Dimana pembangunan dinilai belum merata atau masih terfokus di kawasan tertentu saja,” kata Surta Wijaya pada Rakornas Apdesi di Balikpapan Sport and Convention Center Dome Balikpapan.

Rakornas Apdesi tersebut dihadiri Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian dan Gubernur Kaltim Isran Noor.

Surta Wijaya mengklaim dukungan terhadap pemindahan dan pembangunan IKN di Kaltim datang dari 6.000 kades ini, sudah mewakili kades se nusantara yang jumlahnya 74.000 kades. Diketahui, rangkaian pelaksanaan Rakornas Apdesi berlangsung selama dua hari, pada hari pertama, Sabtu 17 Desember 2022, 6.000 kepala desa melakukan lawatan ke Titik Nol IKN Nusantara di Desa Pemaluan, Sepaku, Penajam Paser Utara.

Memasuki hari kedua pelaksanaan Rakornas Apdesi di Dome Balikpapan, Minggu 18 Desember 2022, asosiasi kepala desa di seluruh Indonesia itu melaksanakan rapat kerja dan membentangkan spanduk bertuliskan “IKN Harga Mati” dan “Siapapun Presidennya IKN Harus Lanjut”, “Spanduk ini sebagai bentuk dukungan penuh kepala desa se-Indonesia untuk IKN di Kaltim,” ungkap Kepala Desa Babakan Asem, Kecamatan Teluknaga, Tangerang

Pendukung Jokowi 3 Periode

Dukungan Apdesi pimpinan Surta Wijaya terhadap IKN tidak mengejutkan. Pada Maret lalu, Surta Wijaya juga berniat akan mendeklarasikan dukungan kepada Presiden Joko Widodo agar bisa menjabat selama 3 periode.

Hal ini disampaikan Surta Wijaya di Jakarta saat menggelar Silaturahmi Nasional Apdesi 2022, 29 Maret 2022. Acara tersebut juga dibuka Presiden Jokowi. Menurut Surta Wijaya, dukungan 3 periode karena melihat kinerja Jokowi yang sangat baik sejak periode pertama memimpin. Apa yang menjadi aspirasi dari pemerintah desa juga selalu diakomodir oleh Jokowi. Ia membantah ada desakan untuk menggulirkan wacana tersebut.

“Nggak ada. Mana ada kepala desa diarahin? kita nggak mau ada yang urusan kayak gitu, tapi pure kan. Gini kepala desa jawara, intelektualnya banyak juga,” kata Surta, Selasa 29 Maret 2022, lalu.

“Dilihat ini (tuntutan) dikabulkan, sekarang giliran aku belain dia (Jokowi). Kenapa? timbal balik dong. Tadi kan aku bilang 1-0. Sekarang 1-1, artinya kepala desa berjuang,” tambah Surta. (viva)

SebelumnyaDPC Partai Demokrat Kabupaten Tangerang Gelar Pelantikan dan Pelatihan Pengurus Ranting se-Kecamatan Jambe
BerikutnyaBupati Zaki Kukuhkan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat