Beranda Peristiwa FKSI: Polri dan PSSI harus Bertanggung Jawab atas Tragedi Stadion Kanjuruhan Malang

FKSI: Polri dan PSSI harus Bertanggung Jawab atas Tragedi Stadion Kanjuruhan Malang

FKSI: Polri dan PSSI harus Bertanggung Jawab atas Tragedi Stadion Kanjuruhan Malang

FKSI: Polri dan PSSI harus Bertanggung Jawab atas Tragedi Stadion Kanjuruhan Malang

JAKARTA – Ketua Forum Komunikasi Suporter Indonesia (FKSI) mengeluarkan pernyataan sikap pada Minggu, 2 Oktober 2022, menyikapi tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang,

Richard Achmad Supriyanto, Ketua FKSI menyampaikan bela sungkawa sedalam dalamnya atas jatuhnya korban jiwa dan luka luka dalam tragedi yang terjadinya di stadion Kanjuruhan yang terjadi setelah laga pertandingan sepakbola Arema vs Persebaya pada tanggal 1 Oktober 2022.

“Saat pertandingan berjalan lancar hingga selesai, hingga kemudian kerusuhan terjadi setelah pertandingan, dimana terdapat suporter memasuki lapangan dan kemudian di tindak oleh aparat keamanan. Ketika situasi suporter makin banyak di lapangan kemudian aparat keamanan dalam hal ini kepolisian menembaki gas air mata ke penonton,” bebernya.

“Kami menduga bahwa main malam juga menjadi perhatian, karna menyangkut keselamatan penonton maupun perangkat pertandingan di dalamnya, sebelum ataupun sesudah pertandingan menjadi perhatian,” sambung Richard.

Maka atas pertimbangan situasi kejadian Tragedi Kanjuruhan, FKSI menyatakan sikap :

  1. Mengecam tindakan represif aparat keamanan terhadap penangan supporter dengan tidak mengindahkan berbagai peraturan, atau tekhusus Prinsip HAM Polrl
  2. Mendesak Kapolri agar menindak tegas serta mengusut tuntas tragedi kemanusiaan Kanjuruhan.
  3. Mendesak Negara agar mengevaluasi pihak pihak terkait yang terlibat dalam Tragedi Kanjuruhan yang mengakibatkan jatuh korban 153 jiwa.
  4. Mendesak DPR RI, Kompolnas untuk mengevaluasi kinerja Kepolisian Republik Indonesia dalam penanganan suporter.
  5. Mendesak Menpora harus bertanggung jawab serta mengevaluasi kinerja PSSl.
  6. Kami mendesak evaluasi LlB dan PSSl harus bertanggung jawab atas Tragedi Kanjuruhan. untuk perbaikan Sepak Bola Indonesia.
  7. Mendesak Pemerintah Pusat maupun Daerah agar ikut bertanggung jawab terkait terhadap jatuhnya korban jiwa serta luka luka dalam Tragedi Kanjuruhan Malang.

Laporan: Kanu
Sumber: FKSI

SebelumnyaPisah Sambut Kapolsek Tigaraksa, AKP Agus Ahmad Kurnia: Mohon Dukungan Serta Kerja Samanya
BerikutnyaBuka Kongres ASSKAT, Sekda Harap Kongres Dapat Menghasilkan Kepengurusan Yang Solid dan Program Yang Bermanfaat