Connect with us

Seputar Banten

Gandeng Kemenhub dan TNI AU Pemkab Tangerang Gelar Program Serbuan Vaksin Bersama

Tayang

-

Redaksi

BANTEN24.COM, TANGERANG – Pemerintah Kabupaten Tangerang bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan TNI AU melaksanakan Program Serbuan Vaksin di PPIC (Politeknik Penerbangan Indonesia Curug) Kab. Tangerang, Sabtu (31/7/21).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan program ini merupakan hasil kolaborasi dengan TNI AU dan Pemerintah Kab. Tangerang. Dalam kegiatan vaksinasi ini, dikerahkan sejumlah tenaga kesehatan dari Kemenhub, TNI AU, Dinas Kesehatan, dan Puskesmas setempat. Kegiatan vaksinasi ini juga didukung oleh PT AP I, AP II, dan Airnav Indonesia.

“Ke depannya, pelaksanaan serbuan vaksinasi massal akan dilakukan di lebih 30 lokasi sekolah di luar Pulau Jawa,” kata Budi.

Dia bersama Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, dan Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar meninjau langsung kegiatan vaksinasi di Politeknik Penerbangan Indonesia Curug (PPIC), Kabupaten Tangerang. Adapun, untuk pelaksanaan vaksin hari ini dikususkan untuk masyarakat dan anak berusia 12-18 tahun di wilayah sekitar Kabupaten Tangerang

“Hari ini saya terharu, kolaborasi antara Kemenhub. TNI dan Pemkab. Tangerang untuk melakukan program vaksinasi massal sebagai bagian dari Program Serbuan Vaksin yang telah berjalan baik,” ujarnya.

Menurutnya Pemberian vaksin di PPI Curug dilaksanakan selama dua hari, yaitu mulai 31 Juli 2021 hingga 1 Agustus 2021. Adapun target penerima vaksin sebanyak 4.000 orang yang menyasar masyarakat sekitar, pelajar usia di atas 12 tahun, dan para pekerja di sektor transportasi.

Sementara itu, KSAU Marsekal Fadjar menyatakan, serbuan vaksinasi yang dilakukan ini, diharapkan dapat mencapai target yang diharapkan yaitu hingga 1 juta jiwa/hari.

“Saya menyampaikan apresiasi kepada para tenaga kesehatan yang berasal dari gabungan TNI, Kemenhub, dan Pemerintah Kabupaten Tangerang yang telah bekerja dengan baik untuk melaksanakan serbuan vaksinasi massal,” ujar Fadjar.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mendukung upaya pemerintah, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam program vaksinasi. Hal ini dilakukan demi mencapai kekebalan komunal atau herd immunity, yang diharapkan dapat kembali memulihkan dan menggerakan kegiatan ekonomi.

Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar mengungkapkan, Alhamdulillah, ini sudah yang ketiga kali dan kami akan melanjutkan program serbuan vaksin ini kepada masyarakat dengan sasaran 3 kecamatan di sekitar PPIC ini, ada Kecamatan Curug Panongan dan Kecamatan Legok yang saat ini merupakan daerah Kecamatan dengan zona merah.

“Dengan adanya serbuan vaksin ini juga, kami ingin mempercepat proses vaksinasi kepada masyarakat Kabupaten Tangerang yang ditargetkan sebelum bulan Desember sudah mencapai 2 juta jiwa. Jadi kami targetnya 1 minggu 100 ribu, Insya Allah 2 minggu ke depan kita akan tambah targetnya 150 ribu warga yang divaksin per minggunya,” ujar Zaki.

Mudah-mudahan dengan kegiatan serbuan dari PPIC ini bisa berjalan secara reguler dan tentu saja target Herd Immunity untuk masyarakat Kabupaten Tangerang bisa tercapai, Kami mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan khususnya PPIC dan juga dari TNI AU yang hari ini bisa berkolaborasi.

Seusai dampingi Menhub dan KSAU Bupati Zaki lanjut meninjau pelaksanaan vaksinasi di GSG Kitri Bakti Curug yang bekerjasam dengan Ikatan Bidan Indonesia.*