Komunitas

Hewan Peliharaan Wajib Dibersihkan Sepanjang Pandemi

Tangsel – Bagi sebagian orang, hewan peliharaan sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dalam keseharian mereka. Oleh sebab itu, kebersihan hewan peliharaan menjadi hal penting, apalagi di tengah masyarakat global dalam ancaman wabah penyakit. Pandemi Covid-19 telah menyebabkan ratusan ribu orang kehilangan nyawa, berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

“Sepanjang pandemi, makin banyak masyarakat yang memelihara hewan peliharaan,” kata dokter hewan, drh. Ratna Irawati kepada wartawan di Bintaro, Tangerang Selatan, Selasa (19/1).

Menurutnya, bisa saja karena banyak orang yang saat ini bekerja di rumah (working from home/WFH), membuat mereka semakin akrab dengan hewan-hewan peliharaan, seperti kucing dan anjing. Kondisi itu, harus diperhatikan betul oleh warga agar tidak menimbulkan berbagai ancaman penyakit yang berasal dari hewan.

“Diharapkan masyarakat mampu menjaga kebersihan hewan agar tidak menjadi sumber penyakit. Semakin sehat hewan dan lingkungannya, semakin sehat juga manusianya,” katanya.

Ratna menjelaskan meski penularan virus Corona bukan berasal dari hewan ke manusia, tapi masyarakat tetap harus menyadari pentingnya menjaga kesehatan hewan peliharaan.

“Bentuk perawatan dilakukan secara berkala meliputi mandi, mencukur bulu atau mencukur kuku,” katanya.

Hewan dimandikan minimal satu minggu sekali, bisa di rumah atau pun di toko-toko pet shop yang banyak ditemukan di berbagai tempat. Ratna sendiri memiliki toko pet shop Dzipa Pet yang berlokasi di Ruko Venice Arcade Blok JE No. 5 Graha Raya, Tangerang Selatan.

“Dzipa Pet melayani berbagai perawatan hewan peliharaan, mulai menyediakan produk makanan berkualitas, dokter hewan hingga grooming (salon kecantikan),” katanya sambil tersenyum. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Klik izinkan notifikasi untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Abaikan
Izinkan Notifikasi