Beranda Opini Ijtihad Politik Surya Utama Alias Uya Kuya Memilih PAN

Ijtihad Politik Surya Utama Alias Uya Kuya Memilih PAN

Ijtihad Politik Surya Utama Alias Uya Kuya Memilih PAN

Memang bukan barang baru bagi partai politik (parpol) merekrut artis papan atas Indonesia untuk mendongkrak perolehan suara sebagai calon legislatif (caleg) dalam kontestasi pesta demokrasi lima tahunan atau pemilihan umum (umum).

Eiit.. tapi bukan hanya artis doang loh yang terjun ke dunia politik, bahkan atlet pun ikutan memilih jalan politik untuk berkontribusi membangun Indonesia lebih baik sesuai dengan cita-cita luhur kemerdekaan Indonesia yang diamanatkan dalam Pembukaan UUD 1945 serta berlandaskan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Iya gak siih…?

Etdah… Kirain mau sebutin nama-nama artis dan atlet yang jadi anggota DPR RI, eh… Si Abang malah ceramah.

Sabar sikitlah… Masih banyak waktu kita bercengkrama,,, kopi baru tersaji, Lur…

Mungkin sudah banyak orang mengatahui siapa saja artis dan atlet yang duduk menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024. Setidaknya ada 14 artis dan 2 atlet berhasil lolos menjadi wakil rakyat.

Dari kalangan artis diantaranya, Eko Hendro Purnomo (PAN), Desy Ratnasari (PAN), Dede Yusuf Macan Effendi (Partai Demokrat), Tommy Kurniawan (PKB), Primus Yustisio (PAN), Rieke Diah Pitaloka (PDIP), Arzeti Bilbina (PKB), Krisdayanti (PDIP), Rano Karno (PDIP), Nurul Arifin (Partai Golkar), Muhammad Farhan (Partai NasDem), Rachel Maryam Sayidina (Partai Gerindra), Mulan Jameela (Partai Gerindra), dan Junico BP Siahaan (PDIP). Sementara dari kalangan atlet hanya menempatkan Utut Adianto (PDIP) dan Moreno Soeprapto (Partai Gerindra).

Dahsyat kan perjuangan gerakan mahasiswa 1998 yang melahirkan era reformasi dan membawa angin segar perubahan iklim demokrasi di Indonesia dalam memberikan ruang sebesar-besarnya bagi seluruh anak bangsa untuk berkontribusi mencurahkan segenap jiwa dan raganya demi kemajuan tanah air tercinta.

Walaupun ada juga sih beberapa anggota dewan dari kalangan artis, kesandung masalah hukum.

Lah… Uya Kuya kok gak ada, Bang…??

Lah iyalah… lah wong Surya Utama alias Uya Kuya baru memantapkan diri terjun ke dunia politik kok.

Memang secara resmi Uya Kuya mendeklarasikan dirinya menjadi bagian kadernya Menteri Perdagangan RI yang sekaligus Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan pada 6 Desember 2022 lalu.

Walaupun sejatinya Uya Kuya merupakan kader PAN, bahkan sempat menjadi salah satu pengurus ranting saat masih ‘unyu-unyu’ belum jadi Uya Kuya seperti sekarang.

Nah… jadi baru pemilu 2024 akan datang dirinya ikut meramaikan khasanah percaturan perpolitikan nasional memperebutkan kursi parlemen dari daerah pemilihan (dapil) Jakarta Selatan, Jakarta Pusat dan Luar Negeri. Itupun setelah dapat restu dari sang istri. Suami sayang istri nih.

Halaaah… palingan Uya Kuya bisanya cuma ngelawak dan hipnotis doang, Bang.

Wait… Jangan main menghakimi seseorang dong, kalau belum mengenal secara dekat siapa sebenarnya orang itu, Lur… Tetap positif thinking, selalu berhusnudzon terhadap siapapun.

Dari pantauan Anak Warung Kopi Pinggir Jalan dan Bukan Pengamat Politik, ijtihad politik Uya Kuya memilih jalan politik sudah dilakukan dengan matang dan sungguh-sungguh. Kegelisahan dirinya terhadap persoalan politik, ekonomi, sosial, budaya dan hukum dituangkan dalam podcastnya dalam beberapa bulan terakhir ini.

Syahdan, sempat tersiar bahwa dirinya dilaporkan kepihak kepolisian lantaran konten YouTube nya bersuara keras dalam kasus hukum oknum kepolisian yang berdampak buruk terhadap citra institusi Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Keren gak tuh….. Sikap kritis sarjana ilmu politik jebolan FISIP UI dalam mengupas persoalan besar yang sedang dihadapi bangsa ini.

Waduh… Berani banget tuh Bang…? Maaf ya Bang,, maklum gak ikutin podcastnya Uya Kuya sih Bang.

Maka-nya jangan terlalu cepat menilai seseorang dengan prasangka buruk, Lur… Bersikap adilah sejak dalam pikiran, apalagi dalam perbuatan.

Kemampuan Uya Kuya tidak kalah dengan seniornya yang lebih awal di PAN, bahkan betilah (beda tipis) gitu, seperti Ketua DPW PAN DKI Jakarta Eko Patrio, ataupun Ketua Umum DPP BM PAN Pasha Ungu, dan Ketua DPW PAN Jawa Barat Desy Ratnasari yang telah terbukti menjadi wakil rakyat dan kepala daerah yang berada dekat dengan rakyatnya, tapi kadang suka jauh juga sih dengan rakyat kalau lagi kunker ke luar negeri atau syuting, Sob..

Tapi yakin Bang,, Uya Kuya bisa terpilih sebagai anggota DPR..??

Begini, Bro…. Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha dan berdoa, hanya Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa lah yang menentukan. Sebaik-baiknya rencana manusia, hanya rencana Sang Pencipta lah yang paling baik.

Menurut kacamata bukan pengamat politik, setiap calon legislatif (caleg) memiliki peluang menang yang sama, apalagi dibarengi dengan kerja keras membangun basis, kemudian mau mendekatkan diri dengan rakyat, dan memberikan manfaat bagi rakyat, serta jangan lupa berdoa.

Apalagi tingkat popularitas Uya Kuya ditengah masyarakat begitu kesohor. Siapa sih yang gak kenal Uya Kuya..? Tapi apakah kenal lantas memilih..?

Jika Uya Kuya bisa memanfaatkan popularitasnya dan mampu mengkapitalisasi menjadi suara, maka tingkat keterpilihan dirinya menjadi wakil rakyat sangat berpeluang besar dalam pileg 2024 mendatang.

Udahan dulu ya Brader .. kopi udah jadi ager nih gegara gak diseruput-seruput.

Terimakasih yang sudah mampir untuk membaca, kalau ada perbedaan sudut pandang, kita jadikan perbedaan sebagai rahmatan lil alaamiin. Jika ada kalimat yang kurang berkenan mohon dibukakan pintu maaf, jangan langsung baperan apalagi merajuk.. Sampai jumpa lagi Guys… Salam sehat selalu.

Oleh: Bang LUNAS
Anak Warung Kopi Pinggir Jalan dan Bukan Pengamat Politik

SebelumnyaPluralisme Agama, Worldview Islam dan NDP HMI
BerikutnyaMakmurkan Masjid Kita