Beranda Peristiwa INH Salurkan Bantuan Darurat untuk Korban Gempa Cianjur

INH Salurkan Bantuan Darurat untuk Korban Gempa Cianjur

INH Salurkan Bantuan Darurat untuk Korban Gempa Cianjur
Koordinator Nasional Sahabat Relawan INH (Kornas Share) Rendhy Apriandi

INH Salurkan Bantuan Darurat untuk Korban Gempa Cianjur

CIANJUR – Lembaga Kemanusian International Networking for Humanitarian (INH) menyalurkan bantuan logistik darurat untuk korban gempa di Cianjur, Jawa Barat, melalui posko bersama di Desa Ciherang, Kecamatan Pacet, Jum’at (25/11/2022).

Koordinator Nasional Sahabat Relawan INH (Kornas Share) Rendhy Apriandi mengatakan, bantuan darurat merupakan assessment pertama pasca gempa yang menelan banyak korban jiwa tersebut.

“Ini merupakan assessment awal untuk membantu meringankan korban yang terdampak bencana gempa bumi dengan memberikan bantuan kebutuhan mendesak untuk warga seperti makanan, susu kebutuhan balita seperti pempers dan obat-obatan,” kata Rendhy.

INH kata Rendhy sudah melakukan penggalangan dana untuk memberikan bantuan lanjutan kepada mereka yang terdampak mudah-mudahan dalam waktu dekat ini, lembaganya bisa kembali menyalurkan bantuan lainya.

“Untuk saat ini kebutuhan yang masih belum terpenuhi seperti terpal untuk tenda pengungsi, karena kami melihat banyak pengungsi yang berteduh didalam tenda-tenda yang terbuat dari bahan seadanya,” kenangnya.

Rencananya, selain memberikan bantuan logoistik daruruat, INH juga akan melakukan bantuan untuk anak-anak yang mengalami trauma dengan mendatangkan sikolog untuk memberikan pelayanan trauma healing kepada anak-anak yang terdampak bencana.

“Kami juga akan melakukan inventaris masjid dan lembaga-lembaga pendidikan seperti majelis taklim yang mengalami kerusakan untuk dilakukan renovasi dan bantuan berupa al quran dari program wakaf Quran yang selama ini sudah menjadi program jangka panjang lembaga kami,” jelasnya.

Baca juga: Peduli Korban Gempa Cianjur, Pemkot Tangerang Sumbang 200 Juta dan Terjunkan Personil BPBD

Sahlan Damiri Ketua Dewan Pengawas INH yang ikut dalam rombongan pengiriman bantuan memberikan motofasi kepada para korban agar tetap bersabar dan tentunya selalu khusnudzon kepada sang pencipta. Ia menyakini bencana ini bagian dari ujian dari Allah subhanahu wa ta’ala untuk meningkatkan derajat manusia.

“Semoga para keluarga korban baik yang meninggal maupun yang selamat selalu diberi ketabahan, yakin lah Allah subhanahu wa ta’ala tidak akan memberikan ujian yang melebihi dari batas kemampuan manusia,” ucapnya mantab.

Sahlan berpesan, kepada para pengungsi agar tidak terburu-buru kembali kerumah mengingat masih banyak gempa susulan disekitaran Cianjur. Menurutnya, keselamatan jiwa diatas segalanya daripada mempertahankan harta benda yang sifatnya hanya sementara.

Sementara itu, Presiden Direktur INH, Lukmanul Hakim menginstruksikan kepada seluruh relawan yang tergabung di Sahabat Relawan INH (Share INH) untuk bahu membahu membantu para korban bencana gempa di Cianjur. Peran relawan dinilai sangat dibutuhkan dalam situasi bencana seperti ini.

“INH memiliki sayap kerelawanan yang berada dalam wadah Share INH, kami sudah menginstruksikan seluruh relawan agak ikut bersama-sama berbuat atas musibah yang dilanda saudara-saudara kita di Cianjur,” jelasnya.

Lukman mengatakan, bahwa setiap terjadinya bencana di tanah air INH bersama relawan selalu hadir dan ikut serta memberikan bantuan. Hal ini merupakan wujud nyata dari INH dalam menyampaikan pesan tentang kemanusian diatas segalanya.

Hingga saat ini, data korban meninggal dunia gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, bertambah menjadi 272 orang pada Kamis (24/11), per pukul 17.00 WIB kemarin.

“Hari ini ditemukan satu jenazah atas nama Ibu Nining umur 64 tahun,” kata Kepala BNPB Suharyanto di Posko Tanggap Darurat, Kantor Bupati Cianjur.

Dengan demikian, jumlah korban yang masih hilang 39 orang. Dari seluruh korban meninggal, lanjut Suharyanto, sebanyak 162 orang telah teridentifikasi. (kanu/rls)

SebelumnyaDugaan Kasus Mutasi Atlet Ilegal Berlanjut, PRSI dan KONI Tangsel Layangkan Gugatan
BerikutnyaGMNI Tangerang Bersama Yayasan Insan Fikriyah Tenjo akan Kirim Bantuan ke Cianjur