Connect with us

Seputar Banten

Kapolresta Tangerang Sambangi Poskamling Perumahan Puri Bidara

Tayang

-

Redaksi

Kapolresta Tangerang Sambangi Poskamling Perumahan Puri Bidara
Foto : Istimewa

Tangkab – Dihari pertama tugasnya sebagai Kapolresta Tangerang, Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro melakukan cek sistem keamanan lingkungan (siskamling) warga di Pos Kamling Perumahan Puri Bidara, Desa Pematang, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Jum’at malam (08/01/2021).

Dalam kegiatannya itu, Kapolres Kota Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro mengatakan Siskamling adalah ikhtiar keamanan swadaya masyarakat yang harus terus ditingkatkan, dan Program Poskamling menjadi priortitas Comanderwish Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho.

“Kebutuhan akan keamanan harus diusahakan oleh semua pihak. 3 pilar plus harus mendorong setiap RT/RW membangun Poskamling, karena Poskamling akan sangat efektif dalam rangka mengamankan wilayah dari segala bentuk gangguan kamtibmas,” kata Wahyu.

Wahyu menambahkan, keberadaan Poskamling yang ditunjang dengan keaktifan warga untuk ronda diharapkan dapat mencegah adanya peredaran minuman beralkohol (minuman keras/miras) dan juga narkoba serta perjudian.

“Sehingga potensi terjadinya kejahatan bisa di cegah dengan pemberantasan penyakit masyarakat sejak dini,” ujar dia.

Lihat juga :
Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro Resmi Pimpin Polresta Tangerang

Sesuai arahan Kapolda Banten dalam 12 programnya, Mantan Direktur Reserse Narkoba Polda Sumatera Barat ini terus gelorakan kebijakan Kapolda.

“Pemberdayaan Poskamling sebagai bentuk implementasi giat preemtive dan preventif Kepolisian yang dibutuhkan untuk menjaga lingkungan dari gangguan kamtibmas,” terang Wahyu.

Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro juga meminta, dimasa pandemi Covid-19, petugas Poskamling harus bisa mengambil peran untuk mengingatkan warga masyarakat untuk disiplin 4M (menjaga jarak, mencuci tangan, mengenakan masker, menghindari kerumunan).

Untuk diketahui Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto, dalam pelaksanaan tugas pertamanya sebagai Kapolda Banten memberikan commander wish Kepada Pejabat Utama, Kapolres jajaran, Pamen, serta Pama Polda Banten, yang digelar secara Virtual di Aula Serba Guna Mapolda Banten. Pada Jum’at kemarin (8/1/2021).

Dalam kesempatan itu, Kapolda Banten kepada seluruh personilnya, mulai dari PJU, Kapolres, Wadir, Pamen, Pama dan Bintara serta ASN, menyampaikan bahwa personel Polda Banten, harus jadi Polisi yang empati, mengayomi dekat dengan rakyat, mengandung makna merajut keberagaman merawat kebhinekaan.

Irjen Pol Dr Rudy Heriyanto di awal tuganya ini menyampaikan 12 program kerjanya, yakni, Ngaji Bareng Kapolda, Rukun Ulama Umaro, Yuk ngopi wae, Subuhan keliling, Saba Pesantren, Sowan Sesepuh, Ronda Siskamling, Guyub TNI-Polri, Sinergi 3 Pilar, Warung Jum’at, Polisi sayang anak yatim, dan yang terakhir Penguatan manajemen media.

Editor: Abi Reza