Connect with us

Seputar Banten

Kecamatan Sukamulya Raih Juara 1 Lomba TTG Tingkat Kabupaten Tangerang

Tayang

-

Oleh

Kecamatan Sukamulya Raih Juara 1 Lomba TTG Tingkat Kabupaten Tangerang

Banten24.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Tangerang menggelar lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Kabupaten Tangerang tahun 2021, di Gedung Serba Guna (GSG) Kabupaten Tangerang, pada Senin-Selasa 24-25 Mei 2021.

Lomba diikuti 18 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tangerang, dan keluar sebagai pemenang dalam lomba tersebut adalah Posyantek Kecamatan Sukamulya Kabupaten Tangerang.

Camat Sukamulya Yati Nurulhayat mengatakan, dirinya bersyukur atas capaian Posyantek Kecamatan Sukamulya meraih juara pertama dalam lomba TTG Tingkat Kabupaten Tangerang tahun 2021.

“Alhamdulilah, saya bersyukur atas juara pertama yang diraih Posyantek Kecamatan Sukamulya. Saya bangga mempunyai masyarakat atau pemuda yang mempunyai keahlian untuk mengolah sampah, yang katanya sampah itu musuh masyarakat karena bikin bau dan sebagainya. Tapi dengan keahlian dan kecerdasan pemuda itu, bisa mengolah limbah tersebut menjadi energi listrik dan bahan bakar,” katanya, Rabu (26/5/2021).

Dia juga bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada Dinas DPMPD Kabupaten Tangerang yang sudah memfasilitasi mengadakan lomba untuk menampung kemampuan para pemuda yang ada di Kabupaten Tangerang yang bisa mengaplikasikan kecerdasan ilmunya untuk membantu memajukan, yang tentunya supaya Tangerang semakin gemilang, dan sampah pun tidak bertebaran dimana-mana.

“Nantinya sampah itu bisa dikembangkan oleh kecamatan-kecamatan lain, tentunya dengan alat yang lebih canggih, harapannya bisa dikuti oleh masyarakat kabupaten Tangerang di kecamatan lain,” harap Camat Sukamulya.

Baca juga: “Ground Breaking” Pembangunan Masjid Baiturrohman

Camat menambahkan, soal pembinaan pihaknya selalu memonitor dan selalu berkoordinasi dengan ketua Posyantek, intinya, kata dia, pihaknya selalu mengawal dan mendampingi.

“Insya Allah, kedepannya melalui musrenbang yang sudah diusulkan ketua Posyantek kecamatan Sukamulya, untuk pengadaan lahan TPST yang anggarannya cukup besar dan butuh proses untuk mewujudkan itu semua,” tutup Camat Sukamuya Yati Nurulhayat.

Sementara itu, Ketua Posyantek Kecamatan Sukamulya, Tosim, menyampaikan syukurnya atas raihan juara pertama dalam lomba Teknologi Tepat Guna tingkat KabupatenTangerang.

“Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kami kesempatan meraih juara pertama, tak lupa kami juga mengucapkan rasa terima kasih kepada inventor Pak Sa’aduddin, Ibu camat Sukamulya, Pak H Deni dan masyarakat Sukamulya yang telah memberikan support serta doanya, sehingga kami posyantek Sukamulya keluar sebagai juara pertama tahun 2021,” katanya.

Tosim menjelaskan, alat yang dipakai dan disajikan adalah pengolahan limbah sampah plastik yang akan menghasilkan energi listrik, BBM, Gas dan pupuk.

“Alhamdulillah kami terpilih menjadi juara pertama,” ucap Tosim.

Tosim juga berharap, kedepannya ada bantuan baik dari pemerintah kecamatan ataupun pemerintah daerah Kabupaten Tangerang untuk mengembangkan alat yang disajikan pada lomba tersebut, agar bisa di kembangkan inovasi ini dalam pengelolaan sampah.

“Kami meyakini alat yang kami miliki akan menjadi terobosan dalam rangka mengatasi permasalahan sampah di Kabupaten Tangerang.