Kepala Sekolah Swasta di Panongan Keluhkan Rencana Pembangunan SMP Negeri 3

Kepala Sekolah Swasta di Panongan Keluhkan Rencana Pembangunan SMP Negeri 3

TANGERANG – Rencana Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang untuk membangun Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Kecamatan Panongan mendapat keluhan dari beberapa Kepala Sekolah Swasta.

Kepala Sekolah (Kepsek) SMP Swasta Darussalam Panongan Kabupaten Tangerang Suharli mengatakan, pada dasarnya ia mendukung dan setuju setiap program pemerintah, termasuk dalam pengembangan pendidikan di masyarakat, akan tetap seharusnya Dinas Pendidikan sebelum menentukan lokasi harus berdasarkan hasil kajian dan analisa serta melibatkan lembaga pendidikan setempat, serta mempertimbangkan dari segi jarak antar sekolah setingkat yang ada.

“Sebelum membangun kami berharap panitia mengikuti mekanisme aturan pendidikan sesuai Permendiknas No.1 Tahun 2002. Serta kami berharap pemerintah bisa membangun sarana dan prasarana dulu. Jangan sebelum ada gedung SMP Negeri tapi sudah menerima siswa baru,” katanya, Senin (30/4/2022).

Suharli juga mengatakan, sekolah pemerintah harus memberikan contoh cara mendidik yang baik kepada masyarakat, diupayakan tidak menumpang. Karena kalau tidak salah sudah ada enam SMP Negeri di Kabupaten Tangerang yang sudah meluluskan siswanya tapi sampai sekarang belum mempunyai gedung.

“Contohnya yang saya ketahui ada di SMPN 5 Curug, SMPN 7 Pasar Kemis dan SMPN 3 Mekar Baru,” ungkap Suharli.

Dia menambahkan, untuk penerimaan siswa baru harus dilakukan sesuai kuota dan kapasitas ruang kelas yang dimiliki, Sehingga tidak memberikan dampak negatif terhadap lembaga-lembaga pendidikan yang sudah ada.

“Perlu kita ketahui bersama bahwa tahun 2020 ada 15 sekolah yang tutup, dan ada 62 sekolah menjelang degradasi karena jumlah siswanya diambang batas,” bebernya.

“Kami pun terus memohon pembinaan dari pemerintah daerah, pemerintah kecamatan, sampai pemerintah desa/kelurahan, baik pembinaan fisik bangunan maupun mutu, karena yang dididik di lembaga pendidikan yang dikelola masyarakat warga Tangerang juga,” tutup Suharli, Kepsek SMP Swasta Darussalam Panongan Kabupaten Tangerang. (heri)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -
- Advertisment -

BERITA TERBARU