Mahasiswa Untirta Gelar Sosialisasi dan Pelatihan kepada Pelaku UMKM di Cimanuk Pandeglang

Mahasiswa Untirta Gelar Sosialisasi dan Pelatihan kepada Pelaku UMKM di Cimanuk Pandeglang

PANDEGLANG – Program Studi (Prodi) Magister Managemen Pasca Sarjana Universitas Tirtayasa Serang, menggelar acara pengabdian masyarakat pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah, di Desa Kupahandap Kecamatan Cimanuk Kabupaten Pandeglang, pada Minggu (24/07/2022)

Pada acara tersebut, mahasiswa Prodi Magister Managemen Untirta melakukan sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat pelaku UMKM untuk dapat kreatif dan inovatif dalam menggali potensi Sumber Daya Alam yang ada.

Untuk kali pertama kegiatan Prodi Magister Managemen Untirta di Desa Kupahandap mengangkat tema ‘Hilirisasi Produk Kosmetik Berbahan Buah Kelapa’. Dimana masyarakat pelaku UMKM diberi penyuluhan dan pelatihan tentang manfaat dari buah kelapa, yang tidak hanya untuk dikonsumsi sebagai makanan, akan tetapi dapat dijadikan berbagai bahan baku lainnya seperti bahan baku kerajinan dan bahan baku produk kosmetik.

Seperti yang disampaikan Ketua Prodi Magister Managemen Untirta, Agus David Ramdansyah Ph.D, kepada awak media mengatakan, kegiatan itu merupakan kegiatan rutin tahunan mahasiswa Program Studi Magister Managemen Pasca Sarjana Untirta Serang.

Tujuan kegiatan itu sendiri, kata Agus, mencoba menstimulus kreatifitas warga untuk mengenal produk yang sumber bahan bakunya dari buah kelapa. Karena dilihat dari wilayah desa yang merupakan pegunungan tentunya kaya akan sumber daya alam khususnya pohon kelapa.

Disamping itu pemanfaatan teknologi digital, juga difokuskan dalam hilirisasi produk kosmetik berbahan buah kelapa agar memiliki daya saing, sehingga hasil produk itu lebih mudah dipasarkan.

“Di kegiatan ini kami juga mengundang pihak Kemenkop UKM dan swasta yaitu engusaha ekspor import agar kedepannya hasil produk UMKM dapat dipasarkan atau dikerjasamakan dengan industri – industri besar agar dapat hasil produk tersebut dapat terserap secara maksimal,” ungkap Agus

Ditempat yang sama, Ariwidada SE selaku pihak dari Kementrian Koperasi dan UKM Bidang Deputi Pengembangan Usaha Mikro Asdep Pengembangan Rantai Pasok, mengapresasi upaya komunikasi yang dilakukan mahasiswa Prodi Magister Managemen Untirta dengan masyarakat desa, dalam mengembangkan UMKM.

Dikatakan, pihaknya juga akan berupaya mengkoneksikan antara UMKM di Pandeglang dengan para pengusaha – pengusaha besar, dengan harapan hasil produk UMKM menjadi produk ekspor yang dapat bersaing dan masuk pasar internasional.

Hal senada dikatakan Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi Kabupaten Pandeglang, H Sukri. Menurutnya, kegiatan yang dilakukan mahasiswa Prodi Magister Managemen Untirta sangat membantu masyarakat untuk lebih giat dalam menggali potensi desa khususnya dibidang UMKM.

“Kami pihak Dinkop Pandeglang mendukung bagi siapa saja yang ingin mengangkat dan mengembangkan UMKM di Kabupaten Pandeglang. Karena itu akan meningkatkan perekonomian masyarakat desa, khususnya para pelaku UMKM,” tukas Sukri

Sementara Direktur PT Cakra Banten Primadona, Sandri Maulana selaku pengusaha ekspor import mengaku siap mendorong permodalan pelaku UMKM di Kabupaten Pandeglang, yang bekerjasama dengan pihak perbankkan.

Bahkan kata Sandri, pihaknya juga siap menyerap hasil produksi UMKM, untuk dipasarkan di dalam negeri maupun di luar negeri.

“Intinya kami siap untuk menggandeng dan berkolaborasi dengan para pelaku UMKM di Kabupaten Pandeglang,” pungkasnya. (red)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -
- Advertisment -

BERITA TERBARU