Beranda Seputar Banten Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Buka PEMSEA EXPO 2022

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Buka PEMSEA EXPO 2022

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Buka PEMSEA EXPO 2022

TANGERANG – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar melakukan pengguntingan pita pada Forum Internasional anggota Partnerships in Environmental Management for The Seas of East Asia (PEMSEA) Network of Local Governments (PNLG) yang dibuka hari ini, Rabu (26/10/2022). ), di Atria Hotel Gading Serpong , Kabupaten Tangerang. Kolam Foto.

Kepada awak media Menteri Lingkungan hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar mengatakan, untuk pengelolaan lingkungan kelautan ini hal yang sangat penting, sebetulnya kami sudah terlibat sejak tahun 2016 dan kita udah lama juga mengikuti program – program seperti ini dari kementerian Luar Negeri.

Menurut Siti, tata kelola mangrove yang baik dan benar itu seperti yang ada di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk. Katanya, tidak masalah apabila digunakan untuk tambak, tetapi harus ada kombinasi yang tepat.

“Tata kelola mangrove yang benar ya seperti itu, seperti di Ketapang, Desa Ketapang, Kecamatan Mauk. Kalau tata kelolanya benar, pasti bisa untuk umum dan masyarakat, ” ujarnya.

Menurutnya, PEMSEA dan PNLG ini merupakan hal yang sangat penting, bagi Pemerintah Pusat, dan Pemerintah daerah yang berada di pesisir pantai.

Untuk keanggotaan PEMSEA anggotanya sekarang makin bertambah, sekitar 58 keanggotaan baik dari luar negeri maupun ada beberapa dari Indonesia seperti bupati dan walikota yang memiliki pantai wilayah pesisir.

“Kalau agendanya sih pada dasarnya integritas manajemen area jadi pengelolaan secara terpadu wilayah Kota pantai di mana agenda-agendanya terkait dengan terutama mangrove kemudian penataan tepi pantai, Perumahan, Nelayan, kemudian pengelolaan serta pencegahan sampah plastik yang masuk ke laut,” ucap Menteri LHK.

Ditempat yang sama Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, Alhamdulillah selain Ketapang, Pemerintah Kabupaten Tangerang juga memiliki program Tangerang Mangrove Center yang berada di Kecamatan Teluknaga. Katanya, hal itu merupakan program kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten dan Kementrian LH dan Kehutanan.

“Kami juga mengucapkan banyak terimakasih kepada Mentri KLHK dan PJ Gubernur Banten. Selain ketapang, kita juga ada Mangrove Center yang berada di Teluknaga, dan nantinya akan menjadi lokasi kunjungan para delegasi yang hadir,” ungkapnya. (heri)

SebelumnyaPerubahan Iklim Sebabkan Erosi Pantai dan Munculnya Taifun
BerikutnyaKunjungi Tigaraksa, Ustad Moh Subki Al Bughury Berikan Ceramah di Masjid Jami Al-Iksaniyah Pasir Bolang