Connect with us

Seputar Banten

Menuju UMKM Active Selling 2021, Kemenkominfo Gelar Pelatihan Di Kabupaten Tangerang

Tayang

-

Redaksi

Menuju UMKM Active Selling 2021, Kemenkominfo Gelar Pelatihan Di Kabupaten Tangerang

BANTEN24.COM, TANGERANG – Guna meningkatkan kapasitas penjualan melalui platform digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (kemenkominfo) menggelar pelatihan dan pendampingan untuk pelaku Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Bertempat di Rumah Produksi BDC Gemilang, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, Selasa (7/9/2021).

Kegiatan dengan tema Pendampingan Peningkatan Kapasitas Teknologi Digital dan Manajemen Menuju UMKM Active Selling 2021, berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

PIC Wilayah Banten pada Program Pendampingan Peningkatan Kapasitas Teknologi Digital dan Manajemen Menuju UMKM Active Selling 2021, Wulanawati menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu serta memfasilitasi UMKM yang berada diwilayah banten, agar dapat melakukan penjualan melalui online. Selain itu, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk memperkenalkan para pelaku usaha agar dapat menggunakan teknologi digital guna melakukan transaksi penjualan.

“Untuk wilayah Banten, kuota yang tersedia itu 2.750 UMKM. Dengan syarat, UMKM yang melakukan produksi, mulai dari bahan baku menjadi barang jadi, jadi bukan barang reseller,” ucapnya.

Lanjutnya, dalam pelatihan tersebut terdapat beberapa materi yang disampaikan. Antara lain, tentang bagaimana cara memasarkan produk melalui media sosial, cara menggunakan platform ecommerce, cara mengatur keuangan secara digital, serta cara menargetkan pemasaran melalui sosial media.

“Kegiatan ini kurang lebih sudah 3 bulan berjalan, dan sudah berjalan di Kecamatan Kelapa Dua, Kecamatan Kronjo, dan hari ini di Kecamatan Panongan. Semuanya sangat antusias, Contohnya saja di Kecamatan Kelapa Dua memiliki kurang lebih 500 UMKM, dan semuanya ingin di daftarkan,” ungkapnya.

Baca juga: Sekda Kabupaten Tangerang Lantik Pengurus FKLPID

Sebagai informasi, melalui program Pendampingan Peningkatan Kapasitas Teknologi Digital, Manajemen, dan Fasilitasi UMKM Menuju Active Selling Tahun 2021. Kemenkominfo menyiapkan pelaku UMKM secara aktif untuk memanfaatkan teknologi dan platform digital. Hal tersebut, sebagai upaya untuk melaksanakan percepatan transformasi digital bagi UMKM sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.

Sementara itu, Suryati selaku peserta kegitan menjelaskan, dirinya sangat merasa terbantu dengan adanya program tersebut. Mengingat, dimasa pandemi seperti saat ini penjualan melalui sosial media dan ecommerce sangat dibutuhkan.

“Program ini sangat bermanfaat sekali, dan saya berharap dengan adanya program pelatihan ini dapat meningkatkan penjualan produk untuk para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Tangerang khususnya,” ujarnya. (diskominfo/banten24)