Connect with us

Seputar Banten

Optimalisasi Pemberdayaan Petani, Desa Sodong Launching Smart Fram Academy

Tayang

-

Redaksi

BANTEN24.COM, TANGERANG – Guna mendukung dan melaksanakan program ketahanan pangan nasional, pemanfaatan Lahan Tidur menjadi lahan pertanian di Desa Sodong Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang semakin bervariasi.

Hal ini dapat terlihat pada saat launching Smart Fram Academy eduwisata agribisnis di Desa Sodong Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang, Kamis (12/8/2021).

“Pada hari ini yang berbahagia, kami dari dinas pertanian dan ketahan pangan merasa sangat terbantu dengan adanya terobosan dalam bentuk program untuk pertanian dari pemdes sodong, yang bekerja sama dengan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) dan Permata Bank Syariah Unit Pengelolaan Zakat,” ujar Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan pangan Kabupaten Tangerang Azis Gunawan, saat sambutan.

Dikatakan Azis, pada hari Sabtu (14/8/2021), ada kegiatan Merdeka Eksport di bandara kargo, yang akan dihadiri dan dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Program merdeka Eksport ini berbasis untuk memacu atau meningkatkan devisa desa, karena semua produk yang berasal dari desa akan di eksport.

“Saya berharap 272 desa dan kelurahan yang ada di kabupaten, kita ingin hadir seperti ini yang sudah dilakukan oleh Kades Sodong,” ujar Kepala Dinas.

Ditempat yang sama Kepala Desa Sodong Doni Bambang Priangga mengatakan, kerena mayoritas masyarakat ada di perdesaan, kurang lebih 74.000 desa yang ada di indonesia, artinya seluruh masyarakat ada di perdesaan.

“Walaupun desa merupakan unit pemerintahan paling bawah dalam sistem pemerintahan Indonesia, akan tetapi peran dan fungsinya sangat vital sekali,” ujarnya.

Doni menambahkan, jangan hanya memandang desa hanya sebagai unit tempat tinggal biasa, akan tetapi desa sebagai entitas sosial, budaya, politik, dan ekonomi.

“Untuk itulah mari kita bergotong royong, bekerjasama dan bermitra, dengan konsep seperti ini lah kita bisa ikut membatu membangun Indonesia, seperti hal nya Desa Sodong membangun kemitraan dengan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) dan Permata Bank Syariah Unit Pengelolaan Zakat,” tutup Doni. (Hy)

Klik Untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *