Connect with us

Info Pemprov

Pemprov Banten Bantu Rp161 Miliar untuk Ponpes dan FSPP Rp500 Juta

Tayang

-

Laporan

Pemprov Banten Bantu Rp161 Miliar untuk Ponpes dan FSPP Rp500 Juta
Foto : Istimewa

SERANG – Di awal tahun 2021 ini, Pemprov Banten menggelontorkan bantuan untuk 4.042 Ponpes di Banten dengan total anggaran Rp161,68 miliar. Tidak hanya bantuan untuk Ponpes, Pemprov juga memberikan bantuan untuk operasional Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) Provinsi Banten sebesar Rp500 juta.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Banten, Wahidin Halim (WH) kepada Ketua Presidium FSPP Banten, Anang Azhari saat pembukaan Rapat Kerja (Raker) ke-II FSPP Provinsi Banten masa Khidmat 2020-2025 di Gedung Negara Provinsi Banten, Selasa 19 januari 2021.

Seusai acara, Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, dirinya mengucapkan banyak terima kasih kepada para kyai yang telah membangun pendidikan keagamaan dan pencerahan kepada masyarakat Banten.

“Para kyai sejak dulu membangun Ponpes secara swadaya hingga menjadi besar. Untuk itu saya merasa terbantu dengan adanya Ponpes ini, dan bantuan ini bentuk apresiasi saya. Anggap saja ini bantuan semacam insentif,” katanya.

WH menambahkan, Ponpes memiliki peran yang sangat strategis sebagai mitra pemerintah daerah dalam pembinaan umat, dimana dinamika masyarakat Banten tidak terlepas dari peran ulama, tokoh masyarakat dan juga Ponpes.

“Mereka ini berperan penting bersama-sama Pemda menciptakan situasi yang aman, damai, dan kondusif,” ujarnya.

Penggunaan bantuan ini, WH menambahkan, dirinya menyerahkan sepenuhnya kepada masing-masing Ponpes, karena yang paham betul kebutuhan apa yang harus dipenuhi, adalah Ponpes yang bersangkutan.

“Pengelolaan bantuan ini diserahkan ke masing-masing pondok pesantren sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang dibuat untuk peningkatan ekonomi Ponpes,” jelasnya. (pr)

Klik izinkan notifikasi untuk menerima berita dan pembaruan dari kami
Abaikan
Izinkan Notifikasi