Connect with us

Seputar Banten

Tekan Angka Penyebaran COVID-19, Vaksinasi Terus Dilakukan Kabupaten Tangerang

Tayang

-

Redaksi

Tekan Angka Penyebaran COVID-19, Vaksinasi Terus Dilakukan Kabupaten Tangerang

Banten24.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang terus berupaya menekan angka penyebaran COVID-19, salah satunya dengan menerapkan sistem yang sudah disiapkan, terkait percepatan penyuntikan vaksin dan juga percepatan penanganan pencegahan penularan COVID-19.

“Kami sudah menggerakkan seluruh jaringan kesehatan yang dimiliki Kabupaten Tangerang seperti Rumah sakit unit darurat (RSUD), Rumah Sakit swasta, dan juga fasilitas kesehatan seperti puskesmas dan vaksin center yang terus di kembangankan,” kata Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Selasa (23/3/2021)

Dengan adanya fasilitas tersebut, lanjut Zaki, Kabupaten Tangerang bisa melakukan penyuntikan vaksin sebanyak 15.000 warga Kabupaten Tangerang dalam sehari. Hal ini jelas mendukung kebijakan Presiden Joko Widodo dan juga Menteri Kesehatan Republik Indonesia terkait dengan vaksinasi 1 juta perhari.

“Mudah mudahan bisa berjalan dengan baik program vaksinasi ini, kalo untuk 4 juta jiwa, kemungkinan kami membutuhkan kurang lebih 4 sampai 6 bulan, nantinya untuk menyelesaikan seluruh vaksin kepada masyarakat Kabupaten Tangerang,” ucap Bupati.

Sementara itu, Juru bicara Satuan tugas (Satgas) Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Tangerang dr Hendra Tarmizi menyampaikan, data terupdate per tanggal 23 Maret 2021 yang telah mendapatkan program vaksinasi tahap pertama dan kedua sudah mencapai 49.902 jiwa vaksinasi tahap satu, dan 30.649 jiwa untuk tahap dua, yang terdiri dari tenaga Kesehatan, lanjut usia (Lansia) dan Pelayan Publik.

“Data yang di dapat menunjukkan bahwa target vaksinasi COVID-19 bagi tenaga kesehatan (Nakes) telah mencapai target, bahkan lebih. Jumlah target sebanyak 10.221, yang telah di suntik vaksinasi pada tahap satu ada sebanyak 13.072 jiwa mencapai 127,89 persen dan tahap dua ada 112,45 persen,” kata Hendra.

Lebih lanjut kata Hendra, vaksinasi dosis satu bagi kalangan petugas pelayanan publik telah disuntikkan bagi 31.000 jiwa atau tercapai 83,1 persen dari target sebanyak 36.277 orang. Sementara pada dosis dua baru sebanyak 19.404 atau mencapai 52,1 persen.

Dia juga menjelaskan, Adapun vaksinasi COVID-19 bagi kalangan lanjut usia (lansia) baru tercapai 38,1 persen atau sebanyak 5.830 dari jumlah target sebanyak 15.320 Lansia. Baru berjalannya Vaksinasi tahap satu bagi lansia belum ada tahap duanya.

“Saat ini pelaksanaan vaksinasi masih dilakukan terhadap petugas pelayanan publik dan kalangan lansia. Setelah melakukan Vaksinasi tetap patuhi Protokol Kesehatan (Prokes) dan jangan lengah agar kita bisa menekan penyebaran Virus COVID-19 ini di Kabupaten Tangerang,” tutup Hendra.

Editor: Awi Santibi