Beranda Metro Tingkatkan Masyarakat Kreatif, Kecamatan Setu Tangsel Undang Ahli Adakan Pelatihan Video Editing

Tingkatkan Masyarakat Kreatif, Kecamatan Setu Tangsel Undang Ahli Adakan Pelatihan Video Editing

Tingkatkan Masyarakat Kreatif, Kecamatan Setu Tangsel Undang Ahli Adakan Pelatihan Video Editing

Tingkatkan Masyarakat Kreatif, Kecamatan Setu Tangsel Undang Ahli Adakan Pelatihan Video Editing

TANGSEL – Salah satu perkembangan teknologi di era digital yang berdampak terhadap perubahan sosial di masyarakat, antara lain seperti mudahnya mengakses informasi aktual dan faktual secara cepat lewat internet.

Oleh karena itu, perkembangan teknologi dari masa ke masa tentu akan selalu memiliki sisi yang baik ataupun buruk, apalagi di masa pandemi Covid-19 juga ikut berdampak pada masalah ekonomi dan sosial.

Pemerintah kota Tangerang Selatan (Tangsel) lewat program pemberdayaan kemasyarakatan tingkat kecamatan, melakukan terobosan menyelenggarakan acara pelatihan pembuatan konten kreatif yang bertujuan meningkatkan masyarakat kreatif lewat kegiatan workshop konten kreatif membuat video yang baik dan benar dan bermanfaat bagi masyarakat Tangsel.

Pelaksanaan dilakukan tanggal 29-30 Nopember 2022 di Aula Kantor Kecamatan Setu, Jl Raya Puspitek Serpong No 1 Tangerang Selatan Banten menghadirkan narasumber kompeten dan profesional di bidangnya.

Camat Setu, Erwin Gemala Putra menghadirkan narasumber yang mengisi pelatihan dari sebuah rumah produksi Warna Production, yang telah banyak memiliki portfolio mumpuni dibidang pembuatan video, khususnya video video kreatif seperti TV Commersial, webseries, video clip, video dokumenter, iklan layanan masyarakat, TV program, film hingga podcast coorporate di channel Youtube.

Didalam pelatihan pembuatan konten kreatif dan video editing untuk Youtubers dihadirkan dua narasumber, yakni, Rustamaji dan Beng Aryanto.

Di hari pertama narasumber memberi pemaparan teori dan teknis serta preview sebuah pembuatan video dan dihari kedua dilakukan praktek langsung dalam pembuatan konten kreatif yang baik dan terarah.

Secara gamblang teori dijelaskan bahkan bagaimana sang konten kreatif memotivasi dirinya agar mampu membuat ide orisinil sesuai talenta masing masing individu. Dalam pembuatan video narasumber menjelaskan trik dan tips cara cara yang harus di kuasai dan mudah dalam proses pembuatan konten kreatif.

Beng menjelaskan terlebih dahulu apa itu konten kreatif, dasar dasar seni yang melandasi pembuatan konten kreatif hingga bagaimana membuat gagasan atau ide dan mengimplementasi gagasan tersebut menjadi sebuah tayangan yang menarik dan menggugah.

Menurut Beng, konten kreatif maknanya adalah memg kriet sebuah ide gagasan, yang kemudian diselaraskan dengan kemampuan individu dalam mengembangkan ide kreatif yang dituangkan dalam tema dan alur cerita yang terarah maka setelah itu kita bisa membuat materi tayangan konten kreatif dalam bentuk video dengan berbagai tahapan, mulai dari perencanaan di etape pra produksi, produksi hingga pasca produksi.

“Konten kreatif yang di kriet sedemikian rupa akan menhasilkan ide kreatif yang baik dengan alur dan cerita yang menarik akan menjadi tayangan yang lebih menggugah dan enak ditonton,” ujar Beng Aryanto,Creative Director Warna Production, Kamis (1/12/2022).

Baca juga: Andika Hazrumy Terima Penghargaan Karang Taruna AKMY Award 2022

Banyak tontonan konten kreatif di platform media sosial diminati oleh para netizens di Indonesia dengan konten konten berisikan hiburan dan juga menjadi nilai tambah untuk para youtubers.

Pelatihan pembuatan video diKecamatan Setu KotaTangerang Selatan yang dihadiri oleh peserta kira kira 32 para youtuber Channel karang taruna Muncul Kecamatan Setu.

Para peserta antusias mengikuti arahan dari pelatih yang profesional ,sekaligus membuktikan pembuatan video editing itu bisa dilakukan oleh siapa saja terpenting memiliki peralatannya dan cara menggunakannya serta mengerti dasar dasar dan prosesnya.

Harapannya, Rustamaji tidak berhenti sampai disini, karena tidak mungkin pelatihan sampai disini saja jikalau langsung expert dilatih lagi berulang dengan bekal waktu pendek ini mudah mudahan cukup untuk men-trieger supaya bisa berkreasi .

Pelatihan pembuatan konten kreatif dan editing Video ini, baru kali pertama di Tangsel Kecamatan Setu diadakan, semoga kedepan untuk kecamatan yang lain juga mengikutinya.

Menurut Rustamaji, pelatihan pemberdayaan masyarakat ini dirasakan perlu dilakukan supaya mereka lebih terarah ketika membuat konten kreatif/ materi video. Karena pelatihan ini bukan sekedar teknis sebagaimana membuat video, namun selain estetika ada etika dalam pembuatan konten kreatifnya yang memiliki resiko, sehingga peserta tidak terjerumus kepada konten-konten negatif .

Konten “Is the King” jadi demi konten apapun dilakukan termasuk merendahkan diri, mencelakakan diri bahkan ambil resiko yang sangat tinggi karena mengejar konten tersebut.

Tras juga ingin menularkan ilmu ini pada para calon kreator yang bisa jadi banyak sekolah sekolah yang memiliki kemampuan yang kami miliki, seperti sekolah sekolah SMK yang mengajarkan pembuatan konten kreatif di pelajaran multimedia tetapi untuk masalah etika mungkin hal itu tidak diajarkan oleh sekolah sekolah umum.

Tambahan Peserta pelatihan video yang diselenggarakan di Aula Kecamatan Setu diberikan kesempatan menggunakan kemampuannya untuk mengutarakan ide-idenya baik saat berdiskusi dengan rekan maupun ketika menyelesaikan masalah pada pembuatan video.

Rustamaji adalah head IT dan creative IT di Warna Production. Selain itu Rustamaji seorang profesional Consultan IT yang banyak menguasai bidang TIK .Rustamaji merupakan salah satu ahli IT yang cukup dikenal di kalangannya, dan juga seorang Kepala Sekolah Madrasah Internasional TechnoNatura yang berkali kali mengikuti kejuaran robot tingkat pelajar internasional mengharumkan nama bangsa.

Rustamaji yang dikenal dengan panggilan akrabnya Tras adalah salah satu anak bangsa berprestasi, dimana di tahun 1989 pernah mengikuti olympiade matematika Internasional di kota Braunschweig Jerman Barat. Tras merupakan almamater program BPPT, dari jurusan elektro UI menyelesaikan studi S1 dan S2 yang sama di UMIST Inggris

Sementara Beng Aryanto adalah seorang wartawan senior, photographer dan sutradara di Warna production yang telah menghasilkan berbagai karya karya audiovisual dan beberapa kali terlibat dalam pembuatan film layar lebar salah satunya film silat minang berjudul Merantau dan The raid, yang edar dibeberapa negara.

“Harapan dengan pelatihan lembaga kemasyarakatan ini bisa menambah kreatifitas masyarakat Khususnya Kecamatan Setu untuk membuat konten video , mengedit Konten Video yang beretika selanjutnya bisa menghasilkan pundi pundi kedepan dan masyrakat kreatifpun bertambah mandiri,” ujar Ella Staf perwakilan panitia penyelenggara Pelatihan Editing Video Kecamatan Setu Tangsel mengatakan dihari kedua sesi praktek pelatihan pembuatan konten kreatif. (rls/kanu)

SebelumnyaGanggu Trantibmas, Satpol PP Segel Warung ‘Remang-Remang’ di Tigaraksa
BerikutnyaWarga Cibereum Serbu Pengobatan Gratis PMI Kabupaten Tangerang