Beranda Headline UPTD Puskesmas Panongan Gelar Skrining Anemia di SMP PGRI 248 Peusar

UPTD Puskesmas Panongan Gelar Skrining Anemia di SMP PGRI 248 Peusar

UPTD Puskesmas Panongan

TANGERANG – Guna mencegah remaja putri mengalami Anemia, UPTD Puskesmas Panongan melaksanakan program Skrining Anemia pada remaja putri (Rematri) dan Pemeriksaan Hemoglobin (Hb).

Kali ini UPTD Puskesmas Panongan melaksanakan Skrining Anemia dan Pemeriksaan Hemoglobin (Hb) di SMP PGRI 428 Peusar, Kamis (12/1/2023).

Pemegang Program Kesehatan Remaja di Puskesmas Panongan, Bidan Devi Inggerianie, menjelaskan, dari bulan Desember 2022, sampai dengan 14 Januari 2023, pihaknya akan melaksanakan Skrining Anemia kepada 26 Sekolahan baik tingkat SMP maupun SMA yang ada di Kecamatan Panongan.

“Pada kegiatan itu remaja putri diukur tinggi badan (TB), ditimbang berat badan (BB), dan lingkar lengan atas (LILA), serta dilakukan pemeriksaan Hb. Selain itu, remaja putri juga diberikan TTD yang dikonsumsi satu kali dalam seminggu di hari yang sama dan diberikan penyuluhan terkait Pencegahan Anemia,” jelasnya.

Devi menambahkan, Remaja putri yang mengalami Anemia, ketika hamil akan memiliki risiko tinggi mengalami Anemia. Sementara itu, Anemia sangat berbahaya jika terjadi pada wanita hamil.

“Sebab, pada saat hamil seorang wanita dibutuhkan peran Hemoglobin (Hb) yang baik, yang memiliki tugas mengantarkan sari makanan dan oksigen untuk tubuh ibu dan janinnya. Kondisi ini tidak bisa dimiliki bila wanita menderita Anemia,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala SMP PGRI 428 Peusar, Dahyani, mengucapkan terima kasih kepada puskesmas Panongan yang sudah memeriksa kesehatan siswa-siswinya.

“Mudah – mudahan dengan diadakannya pemeriksa Skrining ini, dapat mencegah terjadinya Anemia kepada Siswi kami,” ucap Nday Sapaan Akrabnya. (heri)

SebelumnyaJelang Pindah Tugas, Polresta Tantang Persita All Star
BerikutnyaDiduga Tak Sesuai RAB, LSM Kompak Soroti Proyek Program Jamban Sehat di Tigaraksa