Connect with us

Seputar Banten

Wakapolda Banten Kunjungi Kampung Tangguh Maung di Desa Jambe Kabupaten Tangerang

Tayang

-

Oleh

Wakapolda Banten Kunjungi Kampung Tangguh Maung di Desa Jambe Kabupaten Tangerang

Banten24.com – Brigjen Pol Ery Nursatari, Wakapolda Banten melakukan kunjungan ke Kampung Tangguh Maung di Kampung Daraham Desa Jambe, Kabupaten Tangerang, Selasa (30/3/2021).

Wakil Bupati Tangerang Mad Romli turut mendampingi kunjungan orang nomor dua di Polda Banten itu, bersama Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Rudi Purnomo, Kabidhumas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi, Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro dan PJU, Danramil Jambe dan unsur lainnya.

Dalam sambutannya Brigjen Pol Ery Nursatari mengatakan, bahwa pandemi Covid-19 telah menimbulkan permasalahan yang berdampak pada aspek ekonomi, sosial budaya, politik dan harkamtibmas.

“Menyikapi hal tersebut, Polda Banten dan jajaran telah melakukan upaya-upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah hukum Polda Banten,” kata Ery.

Dijelaskan Ery, salah satu upaya yang dilakukan oleh Polri adalah membentuk Kampung Tangguh Nusantara. Dan Kampung Tangguh Nusantara ini dibentuk untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19, selain itu juga untuk membentuk kemandirian masyarakat, terutama mandiri dalam hal ketahanan pangan guna meningkatkan perekonomian.

Usai meninjau, Kampung Tangguh Maung yang berlokasi di desa Jambe, yang ditanami Jagung hibrida di atas lahan 3,5 ha dan 7 kolam ikan lele. Wakapolda Banten mengatakan, bahwa Kampung tangguh nusantara merupakan konsep kolaboratif dengan stakeholders untuk melakukan aksi nyata.

“Memang di masa pandemi ini kita semua bergerak untuk menggerakkan masyarakat yang ada di desa-desa, kelurahan dan semua untuk bangkit dari keterpurukan pandemi Covid-19. Jadi, kami pemerintah daerah kemudian juga dengan TNI-Polri, Pak wakil Bupati yang mewakili Pak Bupati dengan Kepala Desa semua hadir untuk sama-sama membangkitkan semangat masyarakatnya untuk Ayo kita bangkit membuat Kampung tangguh,” terang dia.

Ery juga berharap, semoga ini menjadi pioneer dan akan terus sehingga menjadi contoh desa-desa yang lain.

“Kita berharap kalau ini terus berkembang kemudian juga ini dilaksanakan dengan baik, otomatis kita juga sebagai pimpinan yang ada di kecamatan, di Desa, Kelurahan, Pak Kapolres sampai tingkat kabupaten merasa senang, bangga dengan masyarakat yang dapat menjaga semuanya,” harap Ery.

“Kalau yang namanya tangguh bukan tangguh aja tapi tangguh untuk semuanya. Seperti yang saya katakan tadi, tangguh untuk menjaga kesehatan, kemudian tangguh untuk menangkal keamanan, kemudian juga dia juga tangguh untuk gotong royong, saling membantu segala macem. Jadi memang ini spesial tangguhnya. Jadi kita harapkan ini menjadi cikal bakal dan ini semua bisa berjalan di desa-desa dan kelurahan lain yang di jajaran wilayah provinsi Banten,” sambung Brigjen Pol Ery Nursatari.

Dalam kesempatan ini juga, Wakapolda Banten Brigjen Pol Drs. Ery Nursatari dan rombongan juga melakukan panen jagung hibrida dan ikan lele yang ada di lokasi tersebut.

Sementara, Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi dalam kunjungan itu mengajak masyarakat untuk bersama-sama mendukung program pemerintah.

Menurut Edy, saat ini masih dalam masa pandemic Covid-19, untuk itu dirinya mengajak untuk sama-sama mengikuti anjuran dari pemerintah yaitu dengan mematuhi protokol kesehatan, selalu menggunakan masker saat diluar rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun atau Handsanitizer dan selalu menerapkan Physical Distancing, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

“Dengan mengikuti anjuran dari pemerintah, kita turut andil untuk mencegah penyebaran virus Corona atau covid-19 ini,” pungkas Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi.

Editor: Abi Reza