Connect with us

Seputar Banten

Warga Babakan Galang Dana Untuk Solidaritas Palestina

Tayang

-

Redaksi

Warga Babakan Galang Dana Untuk Solidaritas Palestina

Banten24.com – Warga Babakan menggelar aksi solidaritas penggalangan dana untuk rakyat di Jalan Raya Perintis Kemerdekaan Kota Tangerang, Rabu (19/5/2021).

Aksi penggalangan dana untuk rakyat Palestina ini menyusul adanya konflik perebutan tanah di Yerusalem dan penyerangan wilayah Gaza oleh otoritas Israel.

Soni Priyono Koordinator Aksi mengatakan, aksi warga babakan ini dilakukan dari Selasa (18/5/2021) dan dijadwalkan berlangsung hingga Minggu (23/5/2021).

“Kami melakukan aksi ini karena aspirasi dari warga untuk mengadakan pengumpulan dana untuk menyumbangkan dana ke sana,” kata Soni.

Selain penggalangan dana, kata Soni, pihaknya juga akan melakukan doa bersama yang dikhususkan untuk memohon kepada Tuhan agar perang cepat berakhir dan penderitaan warga Palestina segera berhenti.

“Kita juga akan melakukan dzikir dan doa bersama yang pesertanya nanti kita tidak akan membatasi dari mana termasuk agamanya,” kata dia.

Bagi Soni, solidaritas masyarakat Indonesia kepada rakyat Palestina adalah hal yang wajib, lantaran Indonesia dan Palestina memiliki hubungan emosional secara historis.

“Secara kemanusiaan (terikat) dan secara historis kita terikat sama mereka. Palestina itu kan negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia,” kata dia.

Menurutnya, ini Adalah sejarah Historis bagi yang pertama kali membantu kemerdekaan NKRI sekaligus mengakui kedaulatan RI dan kampanye dukungan Timur tegah adalah Palestina. Ia juga mengatakan, kegiatan aksi penggalangan dana kemanusiaan mengutuk keras serangan bom Zionis Israel ke Gaza yang memakan banyak korban terutama anak anak kecil, aksi solidaritas ini merupakan bentuk keprihatinan terhadap konflik yang terjadi di Gaza.

Sementara, Azano Ranggito selaku sekertaris Yayasan Al-Ittihad menambahkan, penggalanga dana ini untuk membantu saudara-saudara muslim di Palestina. Ini tidak hanya dilakukan Yayasan Al-Ittihad kota Tangerang di Indonesia tapi juga di seluruh dunia.

“Raykat Palestina membutuhkan makanan, obat-obatan, walupun itu bukan solusi tuntas untuk mebebaskan rakyat palestina dari perang yang terus terjadi,” tukasnya.

Lebih lanjut Azano Ranggito mengungkapkan, masalah yang terjadi di Palestina bukan hanya soal kemanusiaan, tapi akar permalahannya adalah penjajahan wilayah. Selama negara Israel ada di tengah-tengah negara muslim, akan selalu ada pertikaian. “Ini sudah sekian puluh tahun, Israel terus melakukan pembantaian terhadap warga Palestina,” ungkapnya.

Untuk itu, Azano menuntut agar pemerintah memberikan bantuan militer ke Palestina guna menghentikan penyerangan Israel tersebut.

“Kita secara internasional, menyerukan solusi yang fundamental, bukan dengan kekuatan personal dan kelompok, tapi kekuaan institusi. Tentara harus dilawan dengan tentara, negara dengan negara. Ini yang kita serukan kepada pemerintah, karena dalam UUD 45 juga juga menyebutkan bahwa penjajahan di atas dunia harus dihapuskan,” tandasnya.

Klik Untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *