Connect with us

News

Zulhas: Kedatangan TKA China Melukai Perasaan Masyarakat Indonesia

Tayang

-

Redaksi

Zulhas: Kedatangan TKA China Melukai Perasaan Masyarakat Indonesia
Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan. (istimewa)

Banten24.com – Masuknya tenaga kerja asing (TKA) berpaspor China melalui Makassar, Sulawesi Selatan pada saat penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, menuai sorotan banyak pihak.

Salah satunya Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan (Zulhas), ia mengatakan, hal ini melukai rasa keadilan masyarakat dan berpotensi membuat pemerintah dianggap inkonsisten dalam menerapkan kebijakan.

Ketua Umum PAN itu menyadari bahwa TKA China yang datang ke Makassar, sebelum masa PPKM Darurat dan terlebih dahulu melakukan karantina.

Namun, kata Zulhas, kedatangan para TKA tetap melukai perasaan masyarakat Indonesia yang terbatas bergerak selama penerapan PPKM Darurat.

“Bagaimana pun, masuknya TKA di tengah meningkatnya kasus COVID-19 varian Delta di Indonesia perlu ditinjau ulang,” kata Zulhas dalam keterangan persnya, Selasa (6/7/2021).

Baca juga: Ada PPKM Darurat Tapi TKA China Bisa Masuk, Begini Kata Alvin Lie

Dia berharap pemerintah konsisten menerapkan peraturan di dalam menekan penularan COVID-19 tanpa pandang bulu.

Menurutnya, ketegasan diperlukan dalam perlakuan kepada TKA yang masuk tanah air. Jika bisa, selama penanganan pandemi masuknya TKA dihentikan dahulu, apalagi dari negara-negara yang tinggi kasus COVID-19.

“Ini merupakan isu yang sensitif dan dapat memicu rasa tidak adil di tengah masyarakat,” ujar dia. (b02/jpnn)